Pages

Cara Budidaya Ikan Nila dengan Kolam Terpal Yang Menguntungkan

Posted by Azka Sunday, September 28, 2014 0 comments
Budidaya Ikan Nila
Ikan nila adalah ikan yang paling banyak dikonsumsi sehari-hari. Ikan ini adalh jenis ikan yang hidup di air tawar yang banyak dicari masyarakat dan pemasarannya sangat luas. Untuk anda yang ingin budidaya ikan nila, anda bisa mencoba menggunakan kolam terpal. Selain mudah dibersihkan, kolam terpal tidak membutuhkan modal yang sangat banyak seperti kolam beton sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Cara Budidaya Ikan Nila dengan Kolam Terpal
Untuk Budidaya ikan nila dengan kolam terpal, anda harus melakukan langkah-langkah seikut:

1.     Pembuatan kolam
Buatlah galian tanah untuk kolam ikan dan pasanglah terpal dengan rangka besi atau kayu. Beri kapur dan pupuk agar bisa tumbuh biota air. Selalu beri saringan pada pintu masuk air. Setalah air terisi pada kolam, biarkanlah selama 7 hari.

2.     Penebaran Benih
Untuk benih ikan nila, pilihlan yang berukuran 8-12 cm dengan ukuran berat 30 gram per ekor. Pilihlah ikan nila yang sehat dan lincah. Pilihlah juga yang bebas dari penyakit. Untuk bibit ikan nila, anda bisa melakukan pembibitan sendiri dengan pemijahan. Pastikan anda memilih indukan yang berkualitas agar mendapatkan bibit unggul. Jika anda tidak mempunyai waktu unutk melakukan pembibitan sendiri, anda bisa membeli di tempat lain. Untuk pembenihan, sbaiknya tebarlah sekitar 5-10 ekor untuk 1 meter persegi. 

3.     Pemberian Pakan
Pemberian pakan harus secara rutin untuk menghindari ikan nila terkena penyakit karena kurang pakan. Agar keuntungan anda lebih maksimal, anda bisa mencampur antara pakan pembelian dan pakan yang anda buat sendiri. Pakan yang dibuat sendri bisa terbuat dari sisa-sisa makanan dapur atau daun tumbuh-tumbuhan.

Jika anda melakukannya dengan baik, dalam 4-6 bulan anda bisa memanen nila anda. Pastikan berat ikan nila sudah mencapai 400-600 gram per ekor. Anda bisa memanennya secara bertahap menggunakan jaring. Dengan modal yang tidak terlalu banyak untuk kolam terpal, anda dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat dengan panen melalui budidaya ikan nila yang Anda lakukan setiap hari. Untuk pemasaran, anda cukup dengan mudah menjualnya di pasar tradisional. Jika kualitas ikan nila anda bagus, anda bisa menawarkannya ke pasar modern seperti swalayan untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi.

Keyword terkait: budidaya ikan nila di kolam beton, budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan nila air tawar, budidaya ikan nila pdf, budidaya ikan nila merah di kolam terpal, budidaya ikan nila merah, budidaya ikan gurame, budidaya ikan nila organik.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Budidaya Ikan Nila dengan Kolam Terpal Yang Menguntungkan
Ditulis oleh Azka
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://budidaya-ternakku.blogspot.com/2014/09/cara-budidaya-ikan-nila-dengan-kolam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

SEO For Online Shop | Design By B | Copyright of TERNAK KENARI | BUDIDAYA LELE .